Pelatih Legendaris Liga Inggris (EPL)

Liga Inggris merupakan kompetisi sepakbola paling bergengsi saat ini. Persaingan ketat dan merata antara beberapa tim membuat Liga Inggris sulit di prediksi dan seru. Banyak pelatih hebat yang merumput di English Premier League.

Kemenangan sebuah tim sepak bola bukan hanya ditentukan oleh para pemainnya saja, tetapi pengaturan strategi yang diterapkan oleh sang pelatih juga sangat berpengaruh. Kejeniusan sang manager tidak hanya mampu menentukan kemenangan sebuah tim, tetapi juga mental para pemain.

Banyak pelatih tim Liga Inggris yang dipecat karena ketidakmampuan mereka dalam melatih sebuah klub atau tim nasional. Tapi yang berhasil dan meraih prestasi terbesar adalah mereka yang terus berkomitmen untuk memberikan yang terbaik.

Berikut adalah daftar pelatih legendaris yang pernah melatih klub di Liga Inggris.

  1. Bob Paisley

Bob Paisley Liverpool Legend

Sosok pelatih yang pernah melatih tim Liverpool ini sebelumnya hanya menjabat sebagai asisten pelatih. Ketika menjadi asisten Bill Shankly, Bob memang sudah menunjukan kemampuan melatihnya yang baik, tidak heran jika setelah benar-benar menjadi pelatih Bob menjadi pelatih legendaries Liverpool dan menjadi pelatih tersukses di Liga Inggris.

 

Bob Pasley telah memberikan 21 trofi hanya dalam kurun waktu 9 tahun untuk Liverpool, yakni pada tahun 1974 sampai dengan tahun 1983. Dalam masa itu merupakan masa keemasan bagi Liverpool.

 

Ketika Bill Shankly pensiun, Bob Paisley tidak membutuhkan waktu lama untuk mengambil masa kejayaan Liverpool. Setelah 8 tahun berikutnya Bob sukses memberikan 6 trofi juara Liga Inggris, 3 Piala Liga Champions, sebuah Piala UEFA dan 5 Piala Community Shield.

Tidak hanya berhasil memberikan beberapa trofi bagi Liverpool, Bob juga telah melahirkan beberapa bintang muda pada kala itu seperti Ian Rush, Kenny Dalglish, Alan Hansen dan Graeme Souness. Sampai saat ini tidak ada pelatih yang mampu memberikan kontribusi seperti Bob.

 

  1. Brian Clough

 Brian Clough Nottingham Forest Legend

Brian Clough adalah sosok pelatih yang menjunjung tinggi kedisiplilan dan intuisi. Kemampuan melatihnya terbukti impresif setelah membawa Nottingham Forest yang sebelumnya hanya berada di Second Division sampai masuk ke First Division. Tidak hanya Nottingham Forest, tetapi ia juga mampu membawa Derby County ke First Division.

 

Selain mampu membawa kedua klub papan bawah tersebut menuju ke Divisi Satu, Brian juga mampu memenangi kasta tertinggi Liga Inggris. Tim asuhannya tidak mempunyai skill yang cukup, tapi mereka menerapkan kualitas fisik dan kekuatan untuk memenangkan pertandingan.

 

Brian telah memenangkan beberapa trofi untuk Nottingham seperti dua European Cup dan empat Piala Liga.

 

  1. Sir Alex Ferguson

Sir Alex Ferguson Red Devil Legendary Coach

Pria yang biasa disapa Fergie ini adalah sosok pelatih atau manager tersukses. Fergie telah memecahkan rekor dengan mengikuti lebih adri 1000 pertandingan. Selain itu ia juga telah memberikan 49 trofi untuk tim-tim yang pernah dilatihnya, belum termasuk penghargaan individu yang diperolehnya.

 

Sebelumnya Fergie menangani dua klub dari Skotlandia pada 12 tahun pertamanya. Kala itu ia melatih klub kecil St. Mirren dan Aberdeen. Meskipun kedua tim itu kecil, tapi Fergie mampu menyulapnya menjadi menjadi klub papan atas di Skotlandia. Dengan mendominasi dua penguasa Skotlandia yakni Rangers dan Celtic, Sir Alex Ferguson mampu memberi 4 Piala Skotlandia, Sebuah Piala Winners dan Piala Super Eropa.

 

Karier Fergie semakin memuncak ketika ia mulai melatih Manchester United pada tahun 1986. Dengan masuknya Fergie ke MU, ia berhasil menjuarai delapan gelar dalam sebelas musim. Dengan bermodalkan talenta muda seperti Nicky Butt, Gary Neville, Phill Nevile, Ryan Giggs dan David Beckham ia pun berhasil membawa MU menjadi treble winner dalam setahun. Dalam tahun 1999 MU menjuarai tiga turnamen sekaligus, antara lain Liga Inggris, Piala FA dan Liga Champions.

 

  1. Arsene Wenger

Arsene Wenger Arsenal Gunners Coach

 

Pelatih asal Perancis yang dijuluki Le Professeur ini memiliki kemampuan skematis dan pengetahuan yang luar biasa tentang sepak bola. Selain itu Arsene Wenger juga memiliki kemampuan berbicara dalam berbagai bahasa.

 

Lalu pada tahun 1996 Wenger mulai melatih Arsenal dan langsung menyabet tiga trofi Premier League, empat trofi Community Shield dan empat trofi Piala FA. Selain itu juga Arsene Wenger mampu menyulap pemain-pemain yang kurang diperhitungkan menjadi pemain hebat yang legendaries, para pemain itu antara lain Thiery Henry, Nicolas Anelka, Patrick Viera dan Robin Van Persie.

Wenger adalah manager dengan masa kepelatihannya yang terhitung cukup lama dan saat ini pun ia masih melatih The Gunners atau Arsenal.

 

Di bawah ini adalah video lucu tentang pelatih amerika yang melatih Tottenham Hotspurs diperankan oleh Jason Sudeikis 🙂 (http://time.com/3101022/jason-sudeikis-returns-as-ted-lasso-soccer-coach/)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *